Profil Komjen Pol Tomsi Tohir, Jenderal Asal Lampung yang Memiliki Berbagai Tanda Jasa

Jum'at, 13 Oktober 2023 - 10:12 WIB
loading...
Profil Komjen Pol Tomsi Tohir, Jenderal Asal Lampung yang Memiliki Berbagai Tanda Jasa
Komisaris Jenderal Polisi Tomsi Tohir saat ini mengemban jabatan sebagai Inspektur Jenderal (Irjen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Komisaris Jenderal Polisi Tomsi Tohir saat ini mengemban jabatan sebagai Inspektur Jenderal (Irjen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Dia resmi dilantik sebagai Irjen Kemendagri sejak tahun 2022.

Sebelum dilantik menjadi Irjen Kemendagri, Tomsi mengemban sejumlah jabatan lainnya di Polri. Kemudian dia diberi amanat baru untuk menjabat di Kementerian Dalam Negeri.

Lantas, bagaimana sosok Tomsi Tohir? Bagaimana sepak terjangnya di dunia kepolisian? Berikut ulasannya.

Profil Komjen Pol Tomsi Tohir


Komisaris Jenderal Pol Tomsi Tohir Balaw merupakan perwira tinggi Polri yang lahir pada 30 Januari 1969 di Bandar Lampung, Lampung. Jenderal polisi bintang tiga ini merupakan lulusan Akademi Kepolisian tahun 1990 dan berpengalaman di bidang Reserse.



Selama berkarier sebagai anggota Polri, Tomsi Tahir sudah beberapa kali mengemban jabatan strategis yang diawali saat menjabat sebagai Kasatresmob Polda Metro Jaya pada tahun 2004.

Semasa perwira menengah, Tomsi Tohir pernah dipromosikan sebagai Kapolres Pamekasan (2007) dan Kapolres Jombang (2009). Kariernya naik menjadi Wakapolrestabes Surabaya pada 2010 dan berlanjut sebagai Kabid Propam Polda Jatim setahun berikutnya.

Tak berhenti sampai di situ, kesempatan untuk terus mengembangkan kariernya terbuka lebar. Saat berpangkat Irjen, Tomsi Tohir pertama kali mendapat mandat untuk mengemban tugas sebagai Kapolda Banten pada tahun 2018.

Kemudian pada 2019, Tomsi Tohir menjabat sebagai Kapolda Nusa Tenggara Barat, sebelum akhirnya mendapat kenaikan pangkat Komisaris Jenderal Bintang Tiga.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1530 seconds (0.1#10.140)